Helm Sepeda MIPS, Apa itu???

Posted by Mikael Amadis on

Kalo temen-temen belakangan ini pernah beli helm sepeda, mungkin temen-temen pernah liat simbol di bawah ini

mips-alat-pelindung-diri-kepala      mips-helm-sepeda-menjaga-otak

Biasanya simbol ini dipasang di bagian belakang helm, contohnya kaya di helm keren di atas.

Apa sih arti sticker kuning itu?

Ternyata itu adalah logo dari teknologi pelindung kepala Multi-directional Impact Protection System atau MIPS. Teknologi ini dikembangkan berdasarkan riset selama 20 tahun oleh tim neuroscientist dari KTH Royal Institute of Technology dan Karolinska Institute di Stokholm, Swedia.

Dari riset itu, mereka menemukan kebanyakan cidera otak akibat kecelakaan pada pesepeda yang menggunakan helm bukan terjadi karena gerakan linear pada kepala, tapi gerakan rotasional. Oleh karena itu mereka mengembangkan teknologi MIPS yang dipatenkan dan di lisensikan ke perusahaan-perusahaan pembuat helm.

Apa sih bedanya pergerakan linear dan rotasional? Mungkin lebih gampang kalo kita bandingkan antara tes uji standar helm dan tes uji MIPS.

mips-rotational-impact

Seperti yang bisa kita lihat di gambar, gerakan linear tidak akan menyebabkan helm berputar. Sebaliknya dengan gerakan rotasional, helm akan berputar setelah terjadi benturan. Ketika helm berputar, maka otak akan bergerak di dalam kepala dan akan terbentur berkali-kali (gerakan linear otak tetap akan terbentur, tapi hanya sedikit dibandingkan gerakan rotasional).

Inilah alasannya kenapa di pertandingan tinju ada petinju yang kena straight dan cross berkali-kali masih kuat, tapi ketika kena upper cut dia KO.

Jadi gunanya MIPS apa sih?

Dari riset selama 20 tahun itu, tim MIPS menemukan kebanyakan helm sepeda dirancang untuk benturan 90°, sementara kebanyakan pesepeda kecelakaan dengan benturan 45°. Sesuai namanya, teknologi MIPS dikembangkan untuk melindungi otak dari benturan berbagai arah.

Untuk mendapat stiker MIPS, perusahaan harus mengirim helm ke lab MIPS di Swedia untuk diuji. Setiap helm akan dipasangkan ke model kepala dengan berat rata-rata kepala manusia per ukuran helm (4-5kg)  dijatuhkan dari ketinggian 50cm dengan kecepatan 6.2m/s ke bidang yang dilapisi amplas 80 grit dengan kemiringan 45°. Proses ini diulang 3x dari sisi yang berbeda.

Teknologi MIPS dirancang untuk mengurangi resiko gegar otak dengan lapisan tambahan di dalam helm yang bisa bergerak ke semua arah sejauh 10-15 mm. Dengan tambahan lapisan ini, ketika terbentur dengan jalan, kepala tidak langsung berhenti, tapi tetap bergerak sejauh 10-15 mm mengikuti bentuk helm, sehingga tekanan di otak berkurang.

mips-system-mechanism

Nah setelah tau ini masih mau pake helm biasa? Lindungi kepalamu dengan perlindungan terbaik. Temen-temen bisa cek koleksi helm MIPS kami di sini. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, lebih baik pake helm ya ketika sepedaan. Buat yang belum punya, bisa cek helm-helm keren ini dan kunjungi toko sepeda terdekat. Jangan lupa untuk jaga kesehatan dan berhati-hati ketika bersepeda.

← Older Post Newer Post →



Leave a comment