Helm Sepeda Perlu Gak Sih?

Posted by Mikael Amadis on

Semua pasti udah tau dong apa itu helm sepeda. Meskipun kecil, alat pelindung diri yang satu ini dianggap penting untuk melindungi diri ketika sepedaan. Tapi ternyata masih banyak lho yang gak pake helm. Jadi sebenernya helm sepeda itu perlu gak sih?

Helm sepeda pada dasarnya adalah sebuah alat pelindung diri untuk kepala yang dirancang untuk mencegah retak atau patah tulang maupun luka pada kulit dan daging yang disebabkan oleh gesekan dengan jalan. Ada juga helm sepeda yang dirancang untuk mengurangi kemungkinan cidera otak, tapi kita bahas lain kali ya.

Ternyata banyak juga pesepeda yang beranggapan bahwa lebih penting mencegah kecelakaan daripada menggunakan alat pelindung diri untuk mengurangi resiko cidera ketika terjadi kecelakaan. Jadi yang bener yang mana ya?

Untuk menjawab itu, tim Toole Design Group melakukan riset pada tahun 2016 untuk melihat korelasi antara penggunaan helm dan jumlah pesepeda yang meninggal dibandingkan dengan jarak berkendara di beberapa negara (sayangnya Indonesia gak ada).

riset-kecelakaan-sepeda

Dari riset tersebut, ada beberapa fakta yang menarik. Ternyata pemakaian helm sepeda tidak berpengaruh secara signifikan dalam mengurangi jumlah pesepeda yang meninggal dibandingkan dengan jarak berkendara. Berdasarkan riset yang mereka lakukan, ternyata design jalur sepeda jauh lebih berpengaruh dalam mengurangi tingkat kematian pesepeda. Belanda yang memiliki jalur sepeda terbaik di dunia memiliki tingkat kematian paling rendah dari negara lain yang mereka masukkan dalam riset meskipun memiliki tingkat penggunaan helm yang relatif sangat kecil.

Hal ini didukung dengan laporan tahun 2019 dari badan NHTSA yang menyatakan dari 783 kematian pesepeda di AS pada tahun 2017, 75% terjadi di dalam kota (63% di luar jalur sepeda dan 27% di persimpangan) dan 96% terjadi karena menabrak/ditabrak bagian depan mobil. 

Artinya sebenernya gak perlu dong pake helm? Gak salah sih, tapi kan Belanda punya jalur sepeda yang rapi dan terencana di seluruh negerinya. Bahkan di Belanda lebih banyak yang pake sepeda dibanding mobil/motor. Ya gak bisa dibandingin dong sama Indonesia yang mobil/motor lawan arah aja bisa setiap hari ketemu. Untuk itu, sebelum kondisi jalan untuk bersepeda udah seperti Belanda, kita harus menggunakan helm untuk melindungi diri kita.

Berdasarkan riset yang dilakukan di AS oleh dokter bedah pada tahun 2016 menggunakan data dari 6.267 pasien pada tahun 2012, menggunakan helm dapat mengurangi resiko cidera otak parah sebanyak 51% dan kematian sebanyak 44% serta tulang muka retak sebanyak 31%.

Dari semua data itu, menurut kalian lebih baik pake helm atau gak ya? Silahkan comment di bawah. Kalo ada yang tertarik untuk beli helm sepeda, boleh helm-helm keren ini  dan kunjungi toko sepeda terdekat. Jangan lupa untuk jaga kesehatan dan berhati-hati ketika bersepeda.

← Older Post Newer Post →



Leave a comment