The Art of Drafting

Posted by on

The Art of Drafting

Apabila ada buku berjudul The Art of War (Seni Berperang) yang ditulis Sun Tzu, maka di dunia sepeda balap pun ada The Art of Drafting (Seni Menggandol) yang wajib dibaca.

Inilah inti sari Jurus Seni Menggandol dalam dunia sepeda balap yang merupakan ilmu tertinggi yg harus dikuasai:

Coba perhatikan persamaan berikut ini...

Kalau kita tinggal di negara empat musim, maka pada musim gugur akan terlihat rombongan burung angsa terbang ke arah selatan untuk menghindari musim dingin. Burung-burung angsa tersebut terbang dengan formasi berbentuk huruf "V".

Kita akan melihat beberapa fakta ilmiah tentang mengapa rombongan burung angsa tersebut terbang dengan formasi "V".

Fakta:
Saat setiap burung mengepakkan sayapnya, hal itu memberikan "daya dukung" bagi burung yang terbang tepat di belakangnya. Ini terjadi karena burung yang terbang di belakang tidak perlu bersusah payah untuk menembus “dinding udara” di depannya. Dengan terbang dalam formasi "V", seluruh kawanan dapat menempuh jarak terbang 71% lebih jauh daripada kalau setiap burung terbang sendirian.

Pelajaran:
Para pebalap sepeda harus selalu bergerak dalam arah dan tujuan yang sama agar dapat mencapai tujuan mereka dengan lebih cepat dan lebih menghemat tenaga. Ini terjadi karena mereka menjalaninya dengan saling mendukung satu dengan yang lain.

Fakta:
Kalau seekor burung angsa terbang keluar dari formasi rombongan, ia akan merasa berat dan sulit untuk terbang sendirian. Dengan cepat ia akan kembali ke dalam formasi untuk mengambil keuntungan dari daya dukung yang diberikan burung di depannya.

Pelajaran:
Para pebalap sepeda harus tinggal dalam formasi barisan yang rapat.
Sekali ia keluar dari formasi maka posisinya menjadi sangat melelahkan.

Fakta:
Ketika burung angsa pemimpin yang terbang di depan menjadi lelah, ia terbang memutar ke belakang formasi, dan burung angsa lain akan terbang menggantikan posisinya.

Pelajaran:
Seperti halnya burung angsa, pebalap sepeda yang memimpin di depan juga saling bergantung satu dengan lainnya dalam hal kemampuan dan kapasitasnya sebagai pebalap. Sebab sungguh tak mungkin untuk memimpin peloton sepanjang waktu. Dibutuhkan kerja sama team yang rapat dan solid untuk mengantarkan team leadernya sampai ke garis finish.

Fakta:
Burung-burung angsa yang terbang dalam formasi ini mengeluarkan suara riuh rendah dari belakang untuk memberikan semangat kepada burung angsa yang terbang di depan sehingga kecepatan terbang dapat dijaga.

Pelajaran:
Tak heran apabila banyak pebalap yang berteriak untuk memberikan semangat kepada rekannya yang memimpin di depan.

Fakta:
Ketika seekor burung angsa menjadi sakit, terluka, atau ditembak jatuh, dua burung angsa yang lain akan ikut keluar dari formasi bersama burung angsa tersebut dan mengikutinya terbang turun untuk membantu dan melindungi. Mereka akan tinggal dengan burung angsa yang jatuh itu sampai ia mati atau dapat terbang lagi. Setelah itu mereka akan terbang dengan kekuatan mereka sendiri atau dengan membentuk formasi lain untuk mengejar rombongan mereka.

Pelajaran:
Dalam tour/race, pebalap utama yang tercecer krn kencing atau mengalami masalah dengan sepedanya mutlak didampingi oleh rekan2 satu teamnya untuk bisa kembali merapat ke dalam peloton utama. Tanpa bantuan rekan2 se teamnya hampir mustahil bagi seorang pebalap untuk dapat mengejar peloton seorang diri.

← Older Post Newer Post →